10 Foto Galaksi Yang Menakjubkan


| Comment(s)
1. The Sombrero Galaxy


Galaxy Sombrero (juga dikenal sebagai M104 atau NGC 4594) adalah sebuah galaksi spiral unbarred di konstelasi Virgo. Memiliki inti cerah, sebuah tonjolan pusat luar biasa besar, dan jalur debu terkemuka di disk cenderung nya. Jalur debu gelap dan tonjolan galaksi ini memberikan tampilan sebuah sombrero. Galaksi memiliki magnitudo 9,0, sehingga mudah terlihat dengan teleskop amatir. Tonjolan besar, lubang hitam supermasif pusat, dan jalur debu semua menarik perhatian para astronom profesional. 


2. Black Eye Galaxy


Sebuah galaksi spiral di konstelasi Coma Berenices, Messier 64, yang terkenal "Black Eye" galaksi atau "galaksi Sleeping Beauty," memiliki band gelap spektakuler menyerap debu di depan cerah inti galaksi. Hal ini juga dikenal di kalangan astronom amatir karena penampilannya di teleskop kecil.


3. 2MASX J00482185-2507365 occulting pair


The 2MASX J00482185-2507365 occulting pasangan adalah sepasang galaksi spiral tumpang tindih ditemukan di sekitar NGC 253, Galaxy Pematung. Kedua galaksi yang lebih jauh dari NGC 253, dengan latar belakang galaksi, 2MASX J00482185-2507365, berbaring di pergeseran merah z = 0,06, dan latar depan galaksi NGC 253 terletak antara dan Galaksi latar belakang (0,0008 <z <0,06). Pasangan galaksi menerangi distribusi debu galaksi di luar terlihat dari lengan galaksi spiral.

Tingkat sampai sekarang tak terduga dari debu melampaui batas starry dari senjata, menunjukkan area baru untuk studi astronomi extragalactic. Lengan berdebu memperpanjang 6 kali jari-jari dari lengan berbintang galaksi, dan ditunjukkan dalam gambar siluet HST terhadap bagian pusat dan inti dari galaksi latar belakang. 


4. The Whirlpool Galaxy


Juga dikenal sebagai Messier 51A, M51a, atau NGC 5194, Whirlpool Galaxy adalah spiral grand-desain berinteraksi galaksi terletak pada jarak sekitar 23 juta tahun cahaya di konstelasi Canes Venatici. Ini adalah salah satu galaksi spiral yang paling terkenal di langit. Galaksi dan pendamping nya (NGC 5195) yang mudah diamati oleh astronom amatir, dan dua galaksi bahkan dapat dilihat dengan teropong.

Whirlpool Galaxy juga merupakan target yang populer bagi astronom profesional, yang belajar untuk pemahaman lebih lanjut tentang struktur galaksi (terutama struktur yang terkait dengan lengan spiral) dan interaksi galaksi. 


5. Grand spiral galaxy


Juga dikenal sebagai NGC 123, ini menarik galaksi didominasi oleh jutaan bintang terang dan gelap debu, terperangkap dalam pusaran gravitasi lengan spiral berputar tentang pusat.Open clusters containing bright blue stars can be seen sprinkled along these spiral arms, while dark lanes of dense interstellar dust can be seen sprinkled between them. Kurang terlihat, tetapi dapat dideteksi, adalah miliaran bintang normal redup dan luas dari gas antar bintang, bersama-sama memegang massa yang tinggi sehingga mereka mendominasi dinamika galaksi batin.

Invisible adalah jumlah lebih besar materi dalam bentuk yang kita belum tahu - materi gelap meresap diperlukan untuk menjelaskan gerakan yang terlihat di luar galaksi. 


6. Supernova 1987A


Dua dekade lalu, para astronom melihat salah satu bintang meledak terang di lebih dari 400 tahun: sebuah bintang terkutuk, disebut Supernova 1987A. Gambar ini menunjukkan seluruh wilayah sekitar supernova. Fitur yang paling menonjol dalam gambar adalah sebuah cincin dengan puluhan titik terang. Sebuah gelombang kejut bahan dilepaskan oleh ledakan bintang yang membanting ke daerah-daerah di sepanjang daerah dalam cincin itu, pemanasan mereka, dan menyebabkan mereka untuk bersinar. Cincin, sekitar satu tahun-cahaya di seberang, mungkin gudang dengan bintang-bintang sekitar 20.000 tahun sebelum meledak.

Dalam beberapa tahun ke depan, seluruh cincin akan menyala karena menyerap kekuatan penuh dari kecelakaan. Cincin bercahaya diharapkan menjadi cukup terang untuk menerangi lingkungan bintang, menyediakan astronom dengan informasi baru tentang bagaimana mengusir bintang materi sebelum ledakan. Gambar itu diambil pada bulan Desember 2006 dengan Kamera Hubble untuk Survei. (Kredit: NASA, ESA, dan Kirshner R.; Pusat Harvard-Smithsonian untuk Astrofisika) 


7. Galaxy NGC 1512


Sebuah spiral dilarang galaksi terletak sekitar 30 juta tahun cahaya ke arah konstelasi Horologium, Galaxy NGC 1512 adalah cukup terang untuk dilihat dengan teleskop amatir. Galaksi adalah beberapa 70.000 tahun cahaya, yang hampir sama besar dengan galaksi Bima Sakti kita sendiri.

Inti dari galaksi yang luar biasa untuk "circumnuclear" cincin Starburst, yang merupakan lingkaran menakjubkan gugus bintang muda yang mencakup beberapa tahun cahaya di 2400. Galaxy "starbursts" adalah episode kuat pembentukan bintang baru dan ditemukan dalam lingkungan berbagai galaksi. 


8. Galaxy NGC 3370


Sebuah spiral galaksi berdebu terletak sekitar 98 juta tahun cahaya ke arah konstelasi Leo, pusat NGC 3370 juga menunjukkan delineated jalur debu dan inti luar biasa yang tidak jelas. Pandangan dari NGC 3370 diperoleh oleh Teleskop luar angkasa Hubble menggunakan Kamera untuk survei dan cukup tajam untuk mengidentifikasi individu bintang variabel Cepheid di galaksi.

Bintang variabel Cepheid yang digunakan untuk menetapkan jarak extragalactic. Pada tahun 1994, Ia Jenis sypernova meledak di NGC 3.370. (Kredit: NASA, Tim Hubble Heritage dan A. Riess; STScI) 


9. M81


Galaksi spiral besar dan indah M81, di konstelasi Ursa Major utara, merupakan salah satu galaksi paling terang terlihat di langit planet Bumi. Pandangan terlah rinci mengungkapkan inti terang, lengan spiral besar dan menyapu debu kosmis jalur dengan skala yang sebanding dengan Bima Sakti. Mengisyaratkan di masa lalu yang teratur, jalur debu yang luar biasa berjalan lurus melalui disk, bawah dan kanan pusat galaksi, bertentangan dengan fitur lain spiral M81 terkemuka.

Jalur debu yang bersalah mungkin merupakan hasil dari pertemuan melekat erat antara M81 dan galaksi pendamping yang lebih kecil, M82. Scrutiny bintang variabel di M81 (alias NGC 3031) telah menghasilkan salah satu ditentukan jarak terbaik untuk sebuah galaksi eksternal - 11,8 juta tahun cahaya. 


10. Hoag's Object


Sebuah galaksi non-khas dari jenis yang dikenal sebagai galaksi cincin, tampilan Obyek Hoag telah tertarik astronom amatir sebanyak struktur biasa yang telah terpesona profesional. Apakah ini galaksi satu atau dua? Pertanyaan ini terungkap di tahun 1950 ketika astronom Seni Hoag kebetulan saat ini objek extragalactic biasa. Di luar adalah sebuah cincin didominasi oleh bintang-bintang biru terang, sedangkan dekat pusat terletak bola banyak bintang merah yang mungkin jauh lebih tua. Antara dua adalah kesenjangan yang muncul hampir sepenuhnya gelap. Bagaimana Hoag's Obyek terbentuk tetap tidak diketahui, walaupun objek serupa kini telah diidentifikasi dan kolektif dicap sebagai bentuk galaksi cincin. Kejadian hipotesis termasuk miliaran tabrakan galaksi tahun yang lalu dan interaksi gravitasi melibatkan perturbatif inti berbentuk luar biasa.

Foto di atas diambil oleh Teleskop luar angkasa Hubble pada bulan Juli 2001 mengungkapkan rincian Obyek Hoag belum pernah terjadi sebelumnya dan bisa menghasilkan pemahaman yang lebih baik. Obyek Hoag's mencakup sekitar 100.000 tahun cahaya dan terletak sekitar 600 juta tahun cahaya ke arah konstelasi Serpens. Kebetulan, terlihat dalam kesenjangan yang lain galaksi cincin yang mungkin terletak jauh di kejauhan.


sumber: oddee.com | translated by Google Tranlate



Anda baru saja membaca artikel '10 Foto Galaksi Yang Menakjubkan'. Silakan tulis komentar Anda untuk artikel ini pada kotak komentar yang tersedia. Untuk kembali ke daftar isi, klik disini. Terima kasih :)