Hendri Mulyadi: Kisah Unik Indonesia vs Oman 2010


| Comment(s)
Jakarta - Kisah penyusupan Hendri Mulyadi ke tengah lapangan pertandingan Indonesia vs Oman terus mendapatkan 'dukungan'. Gerakan pro Hendri di Facebook telah menjaring 4 ribu lebih pendukung.

Seperti telah diketahui khalayak, Hendri masuk ke lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno saat laga Indonesia vs Oman, Rabu (6/1/2010), memasuki menit-menit akhir.

Hendri, pemuda berusia 20 tahunan yang mengenakan kostum timnas Indonesia, menggiring bola ke gawang Oman dan berusaha mencetak gol meski gagal. Hendri mengaku melakukan itu karena gemas dengan permainan buruk Bambang Pamungkas dkk.

Alih-alih mendapat kecaman, tindakan Hendri justru disokong oleh para pencinta sepakbola nasional. Banyak yang menyebut aksi itu adalah wujud spontanitas seorang suporter yang berulang kali dikecewakan timnas dan PSSI.

Kurang dari 24 jam sejak aksi Hendri, dukungan untuknya terus mengalir; termasuk di ranah jejaring sosial Facebook. Bahkan, dalam pantauan detiksport hingga Jumat (8/1) pagi pukul 6.30 WIB, jumlah pendukung fan page gerakan 'DUKUNG HENDRI MULYADI JADI KETUA PSSI' telah mencapai 4.324 user.

Ada ratusan komentar yang masuk ke fan page tersebut. Salah satunya ditulis oleh 'warga' Facebook bernama Boogie Maestro yang menulis, "Hendri telah mewakili jutaan rakyat indonesia yg kecewa thd PSSI! Bravo hendri!"

Kebanyakan dari para pendukung Hendri di Facebook juga menumpahkan kekesalan mereka kepada PSSI. Organisasi tertinggi sepakbola nasional itu dianggap tidak becus mengangkat prestasi 'Merah Putih'.

"Pengurus PSSI harus diganti," seru Sigit Satrio Wibowo. "Ganti dulu pak ketua umumnya! Baru benahi timnasnya. trimakasih mas HENDRI MULYADI," tulis pendukung lain bernama Onde-onde Goen-doel.

Kehadiran Hendri di lapangan memang tidak sanggup 'menolong' timnas Indonesia yang tetap kalah 1-2 dari Oman dan gagal lolos ke Piala Asia 2011, yang pertama sejak tahun 1996.


Selain dukungan kepada Hendri, gerakan dengan napas serupa juga muncul dalam nama '1.000.000 facebooker menuntut Nurdin Halid Mundur sebagai ketua Umum PSSI'.

Sama halnya dengan para pendukung Hendri, 'penduduk' Facebook menilai bahwa Nurdin Halid sebagai nakhoda PSSI telah gagal mengangkat prestasi timnas sehingga ia didesak untuk lengser sebagai ketua. Sampai pagi ini, gerakan ini juga tak kalah banyak penyokong, yakni 1.075 member.

"PSSI bknlah kpentingan milik segelintir orang,, PSSI mrpakan cerminan harga diri slruh rakyat pcinta sepak bola di negri ini,, bisakah kalian hitung itu?? dri penonton d lapangan perumahan, lapangan kampung, lapangan stadion, lapangan swasembadaTim kecil dan besar blum lg pnonton layar kaca,, bsakah kalian hitung itu w...ahai kau para pemuka negri??? kmi bnar2 serius mmikirkn ini smua, jgn kau jdikn lembaga PSSI hny sbg ajang cri muka, silaturahmi dan mmbesarkn perut kau dan konco2mu,," demikian ditulis Wisnu Ariyasa.

Pertanyaannya, sanggupkah gerakan moral melalui dunia maya ini mampu membuka mata dan telinga para pengurus PSSI untuk berubah seperti yang dimaui para pencinta tim nasionalnya?


Anda baru saja membaca artikel 'Hendri Mulyadi: Kisah Unik Indonesia vs Oman 2010'. Silakan tulis komentar Anda untuk artikel ini pada kotak komentar yang tersedia. Untuk kembali ke daftar isi, klik disini. Terima kasih :)