Ingin Berbisik? Lakukan di Telinga Kanan


| Comment(s)
Anda tentu pernah berbisik di telinga seseorang. Tapi, mungkin Anda tidak pernah memperhatikan di telinga sebelah mana berbisik. Sekalipun tidak terlalu signifikan, berbisik di telinga kanan tidak hanya lebih disukai, ternyata juga lebih tepat.

Doktor Luca Tommasi dan Daniele Marzoli dari Universitas Gabriele d`Annunzio, Chietie Pescara, Italia, mengungkapkan rahasianya.


Rupanya ini terkait dengan Hemispheric asymmetry di dalam otak manusia yang ternyata sangat didominasi telinga kanan. Telinga kanan diyakini tersambung dengan otak kiri yang mengatur proses informasi verbal. Tommasi dan Marzoli serta timnya mengadakan serangkaian penelitian.

Penelitian pertama mengamati perilaku para pengunjung klub dalam ruangan yang berisik. Sebanyak 286 pengunjung diamati, telinga mana yang mereka gunakan saat berbicara dengan rekan mereka. Hasilnya 72 orang melakukannya dengan telinga kanan.

Pada penelitian kedua, para peneliti mendekati sejumlah pengunjung klub malam. Kemudian dengan sengaja meminta rokok yang mereka miliki saat para pengunjung kurang mendengar. Ternyata, sebanyak 58 persen pengunjung menggunakan telinga kanan untuk meminta penegasan, sisanya menggunakan telinga kiri.

Penelitian ketiga, peneliti dengan sengaja meminta rokok dari para pengunjung klub di kedua telinga. Hasilnya, mereka yang dibisiki di telinga kanan memberikan lebih banyak rokok daripada mereka yang dibisiki di telinga kiri.

Dari hasil ini menandakan adanya keuntungan komunikasi dan kekhususan dari dua belahan otak dalam merespons sesuatu saat telinga mendapat bisikan. Jadi, agar bisikan Anda tepat ditanggapi, berbisiklah di telinga kanan.

Sumber


Anda baru saja membaca artikel 'Ingin Berbisik? Lakukan di Telinga Kanan'. Silakan tulis komentar Anda untuk artikel ini pada kotak komentar yang tersedia. Untuk kembali ke daftar isi, klik disini. Terima kasih :)